Sabtu, 25 Februari 2012

TO oh.. TO

Hai bloggerwan dan bloggerwati...

Gue ngerasa cupu kalo lagi ditanya, apa sih makanan khas dari Tasik, tell me tell me dong???  Emhhh.. apa ya.. Bakso? Eh bukan.. pempek? Eh bukan.. gue kadang jungkir balik mikir sambil garuk-garuk pantat, tetep aje gue nggak nyaho. Cupu abis!!!!
Bego lu, masa orang tasik nggak nyaho..

Iya.. gue emang bego, gak sepinter afika yang kecil-kecil pandai menjilat..... oreo...

Tapi sekarang, setelah gue konsultasi sama on clinic, eh salah.. sama temen gue maksudnya, gue di ajak ke salah satu tempat yang memproduksi Nasi TO.

Hah? TO? APAAN TUH??? TRY OUT?? TARGET OPERASI??? APA TITIT ONTA????

Menurut temen gue, Suci, Nasi TO teh populer pisan di Tasikmalaya, Si Justien Bieber mah belum tentu dikenal disana.. dan lagi-lagi gue dikatain cupu karena gue belum pernah makan nasi TO. TO yang dimaksud itu singkatan dari TUTUG ONCOM. Pada tau oncom kan??? Ah.. cupu lo kagak nyaho oncom. (plis nya bacanya oncom jangan onkom)

Yang begini nih..

Menurut Om Wikipedia, oncom adalah produk fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang, mirip dengan pengolahan terhadap tempe. Perbedaaannya adalah bahwa pada oncom hasil olahan dinyatakan siap diperdagangkan setelah kapang menghasilkan spora, sementara pada tempe hasil olahan diperdagangkan sebelum kapang menghasilkan spora (baru dalam tahap hifa).
Gue udah cukup akrab sama yang namanya oncom, udah sering beberapa kali ketemu, ya.. gak asing lagi lah buat gue. Tapi bagaimana sensasinya kalo oncom di olah dengan Nasi???? 

Pagi itu, gue semangat bangun pagi, gue excited pisan di ajak makan Nasi TO. Dan sebentar lagi gue moal cupu lagi pemirsahhhhhhhhhh... merdekhaaaaaaa...

Finally.. Elang yang kita tumpangi landing di salah satu tempat Nasi TO yang terkenal yaitu Nasi TO Mr. Rahmat. Lokasinya berada di Jl. BKR, Tasikmalaya, gak jauh dari Universitas Siliwangi, sebelum kawasan Dadaha. Ternyata eh.. ternyata men, pemiliknya bukan Pak Rahmat, melainkan Pak Agus. Hanya saja tanah tempat berjualannya itu milik bapaknya yang bernama Rahmat, jadi deh dinamain TO Rahmat.. begitcuhhhh.. Terus ari mang Ujang saha na nya??




Nasi TO Rahmat ini, tempatnya enakeun euy.. Saungnya lumayan lega (muat kok, kalo lo mau salto disana) adem, diatas sebuah kolam (kalo kebelet apalagi udah nongol dikit, tinggal langsung nongkrong aje), juga dibelakangnya terhampar sawah nan hijau. Kita bisa dengan santai berlesehan menikmati seonggok Nasi TO. Recommended deh buat lo yang berkantong pas-pasan mau mojok sama pacar. Yah.. daripada lo gaya-gayaan makan di resto tapi ujung-ujungnya gadaiin selempak. Pehlis deh...


Nasi TO Mr. Rahmat sudah berdiri bukan ngesot sejak 12 Desember 2010, selain letaknya yang strategis, kualitas rasa TO yang yahutttt... menu makanan yang disajikan pun beragam..

Ayooo.. dipilih... dipilih......

(Ini pesenan gue: Nasi TO, cumi goreng, cipe mendoan, Juice Strawberry dan GRATIS Teh)

Untuk sebongkah nasi TO ukuran 34B apa 36B ya, lupa..  lo cuma ngeluarin duit Rp. 3500, cumi goreng 1500/pcs, cipe mendoan 500/pcs and Juice Strawberry Rp. 4000. Dan GRATIS TEH!!!! (Pulang ke rumah di jamin dompet anda moal bunuh diri)

Menurut gue sebagai orang yang baru mencicipi Nasi TO, rasanya enak kok, pedes-pedes semriwingggg...  Rasa oncom sendiri, menurut gue sebelas duabelas lah sama tempe. Selain harganya yang ekonomis untuk urusan kandungan gizinya, menurut ahli gizi, oncom ternyata memiliki kandungan gizi yang relatif tinggi (oncom yang terbuat dari bungkil kacang tanah). Kandungan karbohidrat dan proteinnya cukup baik dan tinggi untuk kecukupan gizi tubuh kita. Mantap bukan??? 

Ya.. daripada lo semua makan junk food yang nggak baik buat kesehatan jiwa, raga dan dompet. Mending makan-makanan khas daerah, yang dijamin nilai gizinya lebih baik. Ulah belagak pengen siga urang barat lah...


Jelas Nasi TO jawaranya....

Anak zaman sekarang emang gak bisa jauh-jauh sama yang namanya junk food, sebagian malah ada yang galau kalo seharian gak makan junk food. (Gaya pisan lah!!!) Yang paling prihatin, ababil zaman sekarang ni ya, merasa lebih gaul kalo makan junk food. Dan makan-makanan daerah itu nggak level hukumnya. Pehlis deh maneh belagu amat!!!!  

Buat orang tua semuanya, sebaiknya lebih memperhatikan makanan-makanan untuk anaknya, karena sesungguhnya Junk Food itu bisa merusak sel-sel otak, gampang pikun dan bisa menimbulkan obesitas.

 Aduh.. anak-anak yang badannya nambru begini teh bukan lucu dan ngegemesin, tidakkah kalian tau wahai orang tua?? mereka pasti jadi bahan bully di sekolah.. hmm.. KASIAN!!!

So, mari kita cintai makanan daerah, karena sejatinya yang CUPU itu elo yang nggak tau/suka makanan daerah sendiri, bukan mereka yang nggak suka Junk Food!!!!

18 komentar:

JuniInvasion mengatakan...

Yah,murah tapi diTasik . Kenapa gak buka cabang dijogja ? Pasti gw utangin setiap tanggal tua tuh ,muehehe

tammizious mengatakan...

Mau di utangin??? gak jadi buka cabang :p

...Uzay Gingsull... mengatakan...

aih itu oncom menggugah selera..
tapi gw baru denger tuh TO..
kopdar bawa ya tam 1 rantang..
*cintamakananpribumiapalagiyanggratisan

tammizious mengatakan...

iye.. tar di bawain 1 truk sekalian, apa sih yang nggak buat Bang ujay :p

Gayuh Gustia Mahardika mengatakan...

1 kata : laper gue. Eh itu 2 kata ya, oke gue emang lemah dalam menghitung.

Tp kayaknya enak. Boleh tuh ditransper. :D

uciew permana mengatakan...

asyik..asyik ada nama n foto s aku :-D
ayooo ath qta kuliner T.O lagi saii saii..!!

To-tallyshit mengatakan...

Nasi TO Mr. Rahmat? Yang jual bule? :O

anggi mengatakan...

gw mau......delivery yah *ngarep

Ca Ya mengatakan...

wah,,ane tw tuh tutug oncom tp jg lom prnah nyoba :D

tammizious mengatakan...

boleeeeeeehhh, transfer via jamban :p

tammizious mengatakan...

dengan senang hati.. ayoookkk :D

tammizious mengatakan...

yohaaa.. BULEPOTAN.. hahaha

tammizious mengatakan...

coba aja, rugi lho nggak coba :p

Chilfia Karunianty mengatakan...

belum pernah coba TO. penasaran pengen makan, tapi jaooooh.

eh, rasanya pedes2 semriwing? XD cocok buat lidahku. *suka pedas*

Retno Dwi Lestari mengatakan...

Buset dah, itu seuprit banget.. kurang! hahaha
Bener banget ituh, Tammy.. banyak gizinya. Ahem #calonahligizi :p

tammizious mengatakan...

main aja kesini naik elang :p

tammizious mengatakan...

*uhuk* calon ahli gizi ternyata :p

Andina mengatakan...

Tam, di deket kampus kan ada nasi Tutug Oncom dari kapan tau. Slama ini kita kan suka lewat situ klo maen sama evin. ._.

Posting Komentar

Komeng-komeng dulu coy!!!!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...